Jumat, 28 Februari 2014

Rahasia Sehat Fisik dan Mental

Hidup yang diberikan Allah Swt. adalah anugrah, dalam kehidupan sehari-hari kita tentu kita pasti pernah merasakan senang dan sedih, sehat dan sakit, ada damai dan stres. 

Maka ada beberapa tips yang dapat membantu agar membuat hidup menjadi lebih sehat baik secara fisik dan mental dan agar hidup menjadi lebih tenang dan menyenangkan.
Berikut tips-tips yang harus dilakukan di sela-sela rutinitas kita ;

1. Makanlah makanan yang sehat dan menyehatkan. 
Pilihlah makanan yang baik, penuh warna dan bervariasi, karena semua itu pasti diperlukan oleh tubuh, seperti mengandung karbohidrat, protein dan serat yang cukup.

2. Tertawa yang cukup. 
Hidup ini penuh liku-liku dan banyak suka dan dukanya, maka agar hidup menjadi lebih berwarna isilah dengan tertawa atau bercanda dgn orang-orang sekitar kita, yang penting tidak berlebihan. Karena jika kita tertawa berlebihan akan mematikan hati (hadist nabi).

3. Rutin Berolahraga di Pagi Hari
Agar menghilangkan stres / tekanan hidup rutinlah kita berolahraga di pagi hari di bawah sinar mentari, baik itu senam ringan, lari pagi di sekitar komplek / taman, maka akan mengembalikan kesegaran dan kelenturan tubuh, usahakan lakukan seminggu 2-3 kali, minimal 30 menit.  Karena untuk mencapai sehat yang sempurna berolahraga adalah suatu keharusan.

4. Sholat Malam 
Shalat malam adalah salah satu tempat kita mengeluarkan semua masalah/ uneg-uneg pada Allah Swt. sebagai Sang Pencipta seluruh alam, sebagai sarana terdekat hamba dgn Pencipta-nya, sehingga dgn begitu lepaslah beban hidup.

5.  Ikutlah Aksi Sosial
Dengan mengikuti aksi sosial kita akan merasa lepas dari semua rutinitas hidup yang kadang membuat kita bosan, dgn kita bertemu teman baru dan memiliki misi baru untuk membantu sesama, akan membuat hidup menjadi lebih hidup, memberi semangat baru menjadikan diri bermanfaat bagi orang lain.

6. Peliharalah Hewan
Sebagai makhluk sosial kita tentu ingin memberikan kasih sayang kita kepada makhluk hidup, selain kepada sesama manusia juga kepada hewan peliharaan, seperti kucing, kelinci, burung, ayam, dll. yang pasti akan membuat kita menjadi lebih berarti dalam hidup ini. Sayangilah apa-apa yang dibumi maka apa yang dilangit akan menyayangi kita (hadis nabi). Tidak akan rugi jika kita memiliki hewan peliharaan.

7. Berkebun / bercocok tanam
Berkebun / bercocok tanam dapat membuat kita senang apalagi jika melihat tanaman yang kita tanam sudah berkembang / berbuah, membuat kita lebih bersemangat lagi dalam bercocok tanam, dgn memberinya pupuk, menyiramnya, atau menanam di pot yang besar / cukup, sesuai dengan besarnya tanaman.
Jika telah berhasil pastinya akan membuat mata kita menjadi fresh dan dapat menyegarkan suasana sehari-hari, karena itu marilah kita bercocok tanam walaupun hanya sedikit.
Itung-itung turut serta dalam melindungi bumi dari global warming, andai saja saya memiliki cukup uang, maka saya insya allah akan selalu membeli tanaman minimal per 3 bulan.
Sehingga lambat laun pasti teras / halaman rumah kita akan hijau menyegarkan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar